Friday, July 21, 2006

Sekolah YPK RICCI


Asalnya, gue gak punya gambaran apapun tentang Sekolah Ricci ini, yang gue tau cuma ini sekolah kuno banget, udah ada sejak jaman kompeni, memang dulu yang bangun adalah misionaris asal belanda yang diusir sama orang daratan China, karena pada waktu itu China masih komunis dan terisolasi. Kaburlah para pastor ini ke Jakarta, tepatnya ke kota, daerah Glodok. Dulu.. yang gue denger-denger, sekolah ini lumayan ketat , dalam artian disiplinnya kuat dan pelajarannya termasuk dalam, kedengerannya angker amat.. belum lagi gedungnya tua hiii.. jangan-jangan ada setannya hua!!! Berhubung sekolah ini cukup dekat dengan rumah gue, gue daftarken si callis disono.
Setelah gue mampir2 dan mengikuti pertemuan orang tua, pikiran gue berubah, ternyata sekolah ini lumayan bagus (buat gue) dan gak angker-angker amat dibanding sama rumah gue hehe. Khusus taman kanak-kanak, berbentuk rumah, yang disulap jadi ruangan kelas, dikasih pernah pernik mainan dan stock mainannya, duh banyak. Diluar pekarangannya masih cukup asri, lengkap kuda2an, kursi putar, kursi maju mundur, perosotan, mandi bola, dan kolam renang walo dalamnya cuma 50 cm hehe.. juga ada pohon rindang dan masih ada burung, malah waktu gue ajak trial, gue sampe kejatuhan kotoran burung segala hihihi. Sejak 2 tahun lalu, TK Ricci sudah menerapkan sistem baru, untuk mengembalikan hak bermain anak-anak yang jaman sekarang semakin sempit, dimana banyak sekolah-sekolah TK yang memaksakan anak untuk bisa membaca, menulis dan berhitung. Nah, di TK Ricci, yang dikembangkan adalah kualitas EQ, IQ dan SQ (spiritual quality). Guru-gurunya juga ramah-ramah (kelihatannya) and mudah-mudahan gak ada yang killer..

Berikut himbauan2 dari kepala sekolah, yang mungkin berguna bagi para orang tua yang mau masukkin anaknya ke KB/ TK:

Harap datang tepat pada waktunya
Ada lho anak yang sepanjang tahun telat.. mulu, alesannya, anaknya gak bisa bangun pagi. (ini mah basi banget, yang bener mah, emaknya yg gak bisa bangun pagi, anak kan tinggal disetel, kayak tv gitu hehe)

Penjemputan harus terorganisir dan tepat waktu
Ada pengalaman, yang anaknya gak dijemput sampe 2 jam. Kepsek telpon rumahnya, tidak diangkat, HP bapaknya tidak aktif, HP mamanya, tidak aktif juga, yang ada anaknya nangis bombay, besok2 minta ditemenin dikelas, takut lupa jemput lagi. Pengalaman lain, anak tidak dijemput, pas kepsek telpon mamanya: oh.. hari ini papanya yg jemput. Kepsek tilpun bapaknya: oh.. hari ini mamanya yang jemput. Owalah.. saling lempar pula!

Anak diberi bekal makanan setiap hari, kalau bisa yang beragam
Ada anak yang selama setahun penuh dibekelin bubur (yang ini mungkin anaknya tukang bubur), yang ada, setiap kali jam makan, si anak comot sana sini makanan temannya, sampe temannya nangis. Pas ditanya oleh ibu guru kenapa anaknya dikasih bubur terus, mamanya jawab: Oh.. memang dia paling doyan makan bubur kok!! Setaon bow.. !!
Ada juga yang anaknya dibekali makanan yang terlalu beragam lenkap kuah, tumisan dah buah dan porsi BESAR dan wanti2 ke anak harus habis! Si anak juga wanti2 ke ibu guru harus habis, ya mau gak mau, ibu guru sibuk suapin tu anak. Ada pula yang gak dibekali makanan, tapi dikasih uang Rp. 50ribuan, dengan pesan: Minta ibu guru beliin kue! Dooh!! Coba ya.. Kejadian lain, si mama jam pelajaran titip makanan/ bekal ke tukang sapu: Pak, titip ya buat si Ahaw. Si tukang sapu tanya: Kelas berapa bu? Si mama jawab: gak tau, bilang aja Ahaw, gitu.. Yang ada, si Ahaw gak dapat makanan, wong disekolah namanya Kevin.

Pada hari bebas, dilarang pakai baju yang berlebihan
Pengalaman, ada anak cowok yang pake baju preman, jadi pake kaos didalam diluar pake kemeja, tangan digulung, buka kancing, diiket simpul, pake iket pinggang rante2, pake ikat kepala dan kacamata action (ini mau sekolah apa mo nodong?) Pas dikelas gak mau buka kacamata dengan alasan : nanti jadi tidak keren bu guru! Yang cewek lain lagi, pake sepatu berhak tinggi, rok ketat, sampe gak bisa lari, trus kesandung jatuh.. or pas naik tangga perosotan, kesangkut hak sepatu, jatuh juga..

Pada saat pelajaran renang, tidak usah bawa macam2 cream dan shampoo, sudah disediakan dari sekolah. Pernah lho, tiap anak pada bawa cream, untuk muka lain untuk badan lain, dan masing2 ngotot mau pake punyanya sendiri. Belum lagi anak ceweknya, rambut sepinggang, dikuncir kepang kecil2 and habis dikeramas minta ibu guru kuncirin lagi.. wadow.. sekelas ada 15 anak, 3 jam baru kelar J

Kalo berhalangan/ sakit/ ijin harus kasih kabar ke sekolah.
Ada anak yang tidak masuk selama 1 bulan penuh, tidak ada kabar berita. Ditelpon berkali2 tidak ada yang angkat.. penasaran, disamperin ibu guru oh.. ternyata.. kata tetangganya: lagi jalan2 keluar negeri.. Ampun deh!!

Kalo mau ketemu ibu guru jangan pas jam pelajaran, or harus seijin kepsek.
Pernah, pas jam pelajaran, ada yang ketok pintu, ternyata emaknya si anu, trus masuk and tanya: anak saya gimana bu, ada perkembangan? Udah tambah lancar ngomongnya? Udah bisa ngitung bla bla bla nyerocosssss gak berenti-berenti kayak tukang koyo.. kasian kan, anak-anak jadi terlantar

Ya begitulah kira2 peraturan dan sharing sekolah RICCI, sorry ya.. buat yang bete bacanya.. beginilah kalo emak mabuk sekolah hehe

5 Comments:

Blogger Theresia Maria said...

haha...lucu2 ceritanya.
Callis mau dibekalin apa nih, Yan. Asal jangan bubur deh!

6:04 AM  

Anonymous Anonymous said...

Anak mah dipakein baju apa aja mau, kadang ortunya yg heboh dandanin anaknya. :)

6:43 AM  

Blogger Marlina said...

si Ahaw..xixixi..
yg minta dikepang...xixixi..
Lucu-lucu banget ceritanya!

Hari ini Callis siapa yg jemput? hehe..jangan kelupaan ya :)

3:01 PM  

Blogger yanti said...

tiw: wah.. Puji Tuhan, belom pernah dibekelin bubur tuh hehe
dew: betul dew.. termasuk elo dan gue juga kan ;))
marlina: sabar.. nanti juga yei merasakan sendiri xixixi

3:23 PM  

Anonymous Anonymous said...

What a great site 1972 volvo p1800 Cheap kitchen sinks Kitchen table and benches 2005 antispam demo download Where to shop for tadalafil online

2:22 AM  

Post a Comment

<< Home